Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Mk2mi Jabar

Kami adalah Madrasah yang akan membangung negeri ini dari semua ketertinggalan Website Madrasah MK2MI adalah Pemersatu selengkapnya

Website Madrasah MK2MI Provinsi Jawa Barat

REP | 12 February 2011 | 14:16 Dibaca: 1050   Komentar: 4   0

Web madrasah merupakan ajang untuk menampilkan informasi dan dokumentasi sebuah madrasah. Sebenarnya banyak sekali informasi tentang sebuah madrasah yang bisa dipaparkan atau ditampilkan ke publik sebagai bahan masukan bagi masyarakat tentang jati diri sebuah madrasah tersebut. Namun ada batasan-batasan yang harus dipakai sehingga sebuah web madrasah menjadi keren. Salah satunya adalah soal brand-image.

Web madrasah juga bisa menjadi brand-image yang baik bagi publik untuk menjadi tuntunan (guideline) dalam memilih madrasah mana yang akan dituju dan dipilih. Untuk itu sebuah diskusi panjang dengan pihak terkait dalam organisasi madrasah menjadi mutlak adanya.

Secara tidak langsung gengsi madrasah pun mendapat perhatian dari pesaing. Dengan adanya website menunjukkan bahwa madrasah telah mampu untuk bersaing dan telah siap untuk menghadapi era teknologi dan pasar global saat ini.

Website MK2MI (Musyawarah Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah) adalah sebagai salah satu wadah bagi madrasah yang ada di Indonesia untuk dapat menyampaikan aspirasi dan informasi mereka tentang perkembangan pendidikan seluruh madrasah yang ada di Indonesia, serta mempermudah pertukaran pemikiran antara lembaga pendidikan madrasah. Selain itu juga sebagai pembuktian bahwa Madrasah dibawah naungan MK2MI hari ini ingin merubah diri dalam mengikuti perkembangan sain’s dan teknologi jaringan. Selama ini madrasah di Indonesia selalu di nomor dua kan atau di anak tirikan, ini dikarenakan pemerintah selalu mengutamakan lembaga pendidikan dari sekolah-sekolah negeri padahal madrasah dengan misi yang lebih mengutamakan ahklak agama dalam pembelajarannya adalah modal utama bangsa ini agar dikemudian hari bangsa dan negara dapat dipimpin oleh orang-orang yang berahklakul karimah. Maka dengan dibuatnya website MK2MI ini diharapkan madrasah mulai mampu bangkit dan berdiri sendiri tanpa adanya campur tangan dari pemerintah secara langsung dan juga sekaligus membuat sumber daya madrasah paham akan pentingnya sebuah teknologi. Website MK2MI adalah website pertama yang ada di Indonesia yang mengusung konsep persatuan (kelompok) madrasah yang ada di seluruh Indonesia dan juga temasuk Website Sekolah pertama dalam kelompok persatuan organisasi di jaringan Internet.

Website Madrasah ini mulai digulirkan secara Online sekitar 3 bulan lalu pada bulan Nopember 2010, Website Madrasah ini dalam lauching pertamanya telah mengambil Kota Depok Propinsi Jawa Barat sebagai percontohan (http://kotadepok.mk2mi-jabar.org ).

Saat ini satu website DPW MK2MI telah online yaitu Propinsi Jawa Barat, dengan URL: http://mk2mi-jabar.org, disertai dengan seluruh website DPD dan Madrasah yang ada di Jawa Barat, dengan total website mencapai 3.000 website. Jika dilihat dari potensi yang ada website ini cukup menjanjikan dan berkembang. Dimana dengan website ini diharapkan agar madrasah dapat dengan cepat dan mudah mengetahui informasi berita yang berkenaan tentang lembaga madrasah dan guru madrasah itu sendiri, stake holder dan para wali murid dalam mengikuti perkembangan siswa siswi di madrasahnya masing-masing.

Pengembangan pembuatan domain masih terus dilakukan untuk tiap propinsi di seluruh Indonesia. Berdasarkan data yang ada di Kementrian Agama, bahwa jumlah MI (SD) yang ada di Indonesia sekitar 32.000 madrasah. Jika dilihat dari potensi yang ada website ini cukup menjanjikan dan berkembang, belum lagi pengembangan untuk MTs (SMP) dan MA (SMU) nya diperkirankan akan mencapai 45.000 website/domain. Sungguh merupakan pekerjaan berat penuh tantangan yang sangat menjanjikan kesuksesan.

MANFAAT WEBSITE MADRASAH

1. Bagi pemerintah

· Sebagai sarana difusi informasi segala kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan

· Dengan website madrasah yang aktif, pemerintah dapat memantau kinerja madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat memberikan pembinaan serta dukungan yang tepat. Apabila website madrasah tersebut statis maka berarti kinerja dari madrasah tersebut kurang optimal dan tidak sesuai dengan konsepnya. Berdasarkan kondisi tersebut Pemerintah Daerah dapat segera mengambil langkah-langkah perbaikan. Pemerintah daerah juga dapat mengarahkan madrasah agar benar-benar menjalankan program peningkatan mutu pendidikan, sehingga output dan outcomenya benar-benar dapat dirasakan masyarakat dan bermanfaat bagi pembangunan.

2. Manfaat bagi madrasah

· Sebagai salah satu alat penunjang/media untuk mendapatkan informasi dan promosi di dunia internet. Profil sekolah, berita pendidikan, berita terkini dan semua hal mengenai sekolah dapat diakses melalui website ini. Apalagi dengan adanya fitur- fitur tambahan yang terdapat dalam website ini memungkinkan pihak sekolah dengan para alumni sekolahan dan  pihak pengunjung dapat saling berinteraksi. Misalnya dengan adanya kotak shoutbox (chatting), dan buku tamu, menu forum diskusi dan lain sebagainya

Sebagai salah satu indikator kredibilitas dan prestige (gengsi) suatu Madrasah. Dengan memiliki website, maka suatu madrasah bisa sejajar dengan sekolah lain yang namanya terkenal luas di seluruh Indonesia atau bahkan internasional. Hal ini dikarenakan internet tidak mengenal batas wilayah negara ataupun batas-batas yang lain. Dengan selalu mengupdate informasi – informasi terkini, maka website madrasah akan menjadi pusat terminal pengunjung untuk mencari informasi tersebut, sehingga secara otomatis madrasah akan menjadi terkenal diseluruh Indonesia


 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Selamat Tinggal Banjir, Proyek Revitalisasi …

Agung Han | | 30 October 2014 | 21:02

Asiknya Berbagi Cerita Wisata di Kompasiana …

Agoeng Widodo | | 30 October 2014 | 15:40

[YOGYAKARTA] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:06

Bau Busuk Dibelakang Borneo FC …

Hery | | 30 October 2014 | 19:59

“Nangkring” bareng Tanoto …

Kompasiana | | 27 October 2014 | 10:31


TRENDING ARTICLES

Pramono Anung Menjadi Satu-satunya Anggota …

Sang Pujangga | 8 jam lalu

Mba, Pengungsi Sinabung Tak Butuh …

Rizal Amri | 11 jam lalu

Muhammad Arsyad Tukang Sate Luar Biasa, Maka …

Opa Jappy | 14 jam lalu

DPR Memalukan dan Menjijikan Kabinet Kerja …

Sang Pujangga | 14 jam lalu

Pemerintahan Para Saudagar …

Isk_harun | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Kenapa Orang Jepang Tak Sadar Akan Kehebatan …

Weedy Koshino | 8 jam lalu

Surga Kecil di Sukabumi Utara …

Hari Akbar Muharam ... | 8 jam lalu

Pengampunan Berisiko (Kasus Gambar Porno …

Sono Cook | 8 jam lalu

Si Jangkung Tokyo Sky Tree …

Firanza Fadilla | 9 jam lalu

Pompadour …

Yulian Muhammad | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: