Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Ina

"khairunnas anfa'uhum linnas" (sebaik-baik manusia adalah ia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya)

Apakah Anda Menyukai Pemerintahan Soeharto?

REP | 16 May 2011 | 16:59 Dibaca: 742   Komentar: 36   1

Survei: Soeharto Presiden paling disukai publik.

Survei: Soeharto Presiden paling disukai publik.

“Jadi Pimpinan Itu Tidak Gampang, Pasti ada Plus dan Minusnya, Apapun alasanya Kita Harus sangat menghormati, Bahwa Bapak H.M Soeharto , sudah membawa Rakyat Indonesia Jadi Gemah Ripah Loh Jinawi, Toto Temtrem, dan Adem Ayem. dan Mari Kita Contoh Yang Bagus Bagus dan Kita Doakan Agar Presiden Yaang Akan Datang MENCOTOH YANG BAGUS DAN MEMPERBAIKI YANG KURANG BAGUS. Agar Bumi Indonesia Lebih Makmur, Aman. Amin.”

Yang jelas di masa Suharto :
- Gak ada tuh teroris2, palagi yang sampe bawa2 agama segala.. poko’e semua tentram..
- Bener2 INDONESIA. Maksudnya? Rakyatnya betul2 mengayomi semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, yang kalau anda, pembaca, mungkin ada yang lupa atau tak tau , artinya : “Berbeda2, tapi tetap SATU”
- Warta Berita TV isinya politik dan kejayaan Indonesia semua, jarang ada berita pemerkosaan, pembunuhan, perampokan, dsb. Kalau pun ada, ga lebih dari 3 hari, ada berita baru ditemukan mayat pelaku perampokan/pembunuhan/pemerkosaan di salah satu rawa (dihajar sama PETRUS (Penembak Misterius))
- Inget banget taun 97an kalo gasalah, ada heboh berita tentang KAPAK MERAH di TV, dan lagi2, ga nyampe 3 hari, ada berita ditemukan mayat gerombolan orang di kolong jembatan, lengkap dengan kapak merah kesayangan mereka itu (Dijedor juga sama PETRUS). Banyak yg bilang karena berita yang buruk tidak di perlihatkan di masa suharto, jawab saya :”Tapi pada kenyataannya kita aman tho??” Saya sich ndak masalah kalau diberita isinya cuma berita aman2 aja tapi pada kenyataannya kita memang AMAN??
- ABRI di pinggir jalan, dimana2.. jadinya pejalan kaki ngerasa aman.. Sumpah jaman dulu jalan malem di remang2 kaga takut copet! Karna mang ga ada yg berani!
- Salah satu Presiden yang “turun” ke rakyatnya ketika ada masalah, seperti ke para petani, dsb., hingga semangat rakyat pun berkobar, dan Indonesia dikenal sebagai MACAN ASIA di seluruh dunia.. (sekarang udah jadi meong si macannya kayanya).
- AURA Pak Harto itu luar biasa. Inget jaman SD, Diberitakan kalau Pak Harto akan datang ke SD saya, maka semua guru panik udah kaya ada DEWA mao dateng, dan pas beliau dateng, semua orang merinding, ada temen saya kepalanya diusap, sampe lompat2 kegirangan “Yee! Gue diusap Pak Harto”. Dan ketika masa SMA saya, Pak SBY ingin memberi penghargaan atas pemenang salah satu prestasi si SMA saya, dan kepsek mengumumkan : “Besok pak SBY datang.” Anak2 teriak :”Yeee!! Besok gua libur!”
- Gak ada tuh yang motor nyalip2, nyodok2, jaman pak Harto motor smua di lajur kiri.. gada metro mini begajulan kaya sekarang.. Gada angkot berhenti mendadak kaya sekarang, semuanya mepet dulu sampe ke kiri baru berhenti.
- Kenapa bisa terjadi seperti hal diatas di jaman Pak Harto dan tidak di jaman Pak SBY? JAWABANNYA : Semua karena sikap kedua Presiden. Yang perlu kita ketahui dan sadari adalah, bangsa kita ini pintar, pekerja keras, dan berkemauan tinggi, betul2 negara yang rakyatnya memliki potensi sukses, namun kita semua ada sifat bawaan Belanda, yakni “seperti ANAK KECIL”. Di jaman demokrasi ini, seolah2 rakyat kita merasa : Demokrasi = BEBAS. Maka liat prilaku kita : seperti anak LIAR, seperti seorang anak yang tiba2 ortunya bilang : “kamu bebas mau ngapain aja”, ya jadinya pasti anak itu LIAR. Pak SBY pun jika diibaratkan orang tua, beliau adalah yg sejenis ortu yg “hanya” bisa menasehati, namun tanpa tindakan.. “Ayolah, jangan begitu, jangan begini, masa sesama kita bermusuhan”. dst, dst. Percayalah, rakyat Indo gak bisa dengan cara begitu. Pak Harto diibaratkan seperti ortu yang TEGAS. Kalau ada yg berbuat salah (melanggar hukum) pak harto tak segan menghukum, dia seperti ortu “galak-tapi-sayang_ pada anak2nya, jadi kalau ada sebagian kecil yg NGACO, yang mana diprioritaskan? Yang ngaco, atau bagian yg banyak? Model2 kaya teroris jamans ekarang gini sih ga bakal tersisa di jaman suharto.. Kalo pak SBY mah kayanya “lembut” sekali menangani teroris, malah galakan terorisnya, juga oknum2 yg anarki juga dihadapi dengan lambut, akanya mereka berani KASAR. Kalau pak Harto terbalik, beliau TIDAK memberikan kesempatan pada mereka untuk bahkan berbuat kasar, Pak Harto sudah menanamkan terlebih dahulu di hati kita2 ini :”Macam-macam di negara saya? OUT!”

enakan jaman pak harto bung, ekonomi bagus, org2 pem buat anarkis di petrus basyir lari terbirit2 sembunyi di malaysia, dekat dengan petani, org2 kecil, kehidupan beragama masih lebih baik. Orang2 yg menumbangkan pak Harto dengan alasan Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) ternyata setelah diberi jabatan KKNnya lebih parah, org2 yg ngaku tokoh reformasi dan selalu men yalahkan kebijakan pak Harto, para pengamat yg sering memutar balikkan fakta kebenaran, setelah diberi jabatan ternyata ngak bisa bikin apa2 juga. Soal kepemimpinan pak Harto masih lebih baik daripada presiden2 sebelum dan sesudahnya banyak generasi mudah di jaman tumbangnya pak Harto diperalat oleh org atau kelompok yg mengaku kaum reformis semata2 hanya kepentingan politik. Memang kepemimpinan saat pak Harto bukan berarti tidak ada yg kurang tetapi kalau kita banding2kan kenyataanya memang Pak Harto lebih baik. Banyak politikus jaman sekarang yg coba berkelit bahwa keterpurukan bangsa ini karena bawaan ORBA, itu mah hanya alasan karena ketidak mampuannya memimpin bangsa ini. Jaman Pak Harto Korupsi ada dan kita akui itu secara jujur namun hanya org2 tertentu sekarang? wah lebih gawat lagi dari pimpinan atas sampe bawah ikut2an menjadi korup aji mumpung. Dibidang keamanan jaman pak Harto lebih baik, lihat saja Basyir lari terbirit2 sembunyi di Malaysia, jadi kalu cuma FPI itu masalah kecil buat pak Harto dan jangan coba2 mengancam beliau, sekrang wak FPI lebih galakan dia daripada petugas keamanan kita malahan pak presiden SBY aja diancam tapi nggak bisa bikin apa2. I LOVE YOU Pak Harto.”

“jaman Pak Harto, malaysia mati kutu, g berani macam2, skrg, tebalik, kita yg g brani ma malay … wktu Beliau k Bosnia d saat perang msh brkecamuk, PBB pun g jamin kselamatannya, tp hnya dgn Bismillah dan rompi, Beliau menginjkkann kakinya di tanah Bosnia, dunia pun mengakui keberaniannya. Seabrek penghargaan dunia diterimnya selama jd presiden yg, blm prnah ada ys bsa nyamai sesudahnya. Pak Harto, sampai kapan pun tetap kukenang, tetap Presien RI yg terbaik. tegas, lugas merakyat.”

Setuju ……….. setiap manusia ada kelebihan dan kekurangan ….. hanya karena kekurangan beliau yang lebih sedikit membuat orang lain melupakan banyak sekali jasa-jasa besar beliau terhadap Negara Republik Indonesia ….. maklum saja perilaku manusia skrg yg srg menghujat jika ada sedikit saja kesalahan yang tercipta, tapi tidak pernah mau melihat akan keberhasilan, kesuksesan yang telah dihasilkan ……”

Demikian di antara koment - koment masyarakat yang saya baca dari Yahoo news. Ternyata survei membuktikan bahwa masyarakat lebih menyukai masa pemerintahan Pak Soeharto. Kalau saya ditanya pun saya akan memberi jawaban yang sama yaitu bapak Soeharto. Meski pak Harto punya sisi negatif namun banyak hal - hal positif yang bisa di ambil hikmahnya untuk pemerintahan saat ini. semoga.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Remaja di Moskow Juga Suka Naik ke Atap KRL …

Lidia Putri | | 01 August 2014 | 19:28

Yuk Kenali Serba-serbi Njagong …

Giri Lumakto | | 01 August 2014 | 23:14

Apakah ‘Emoticon’ Benar-benar Jujur? …

Fandi Sido | | 01 August 2014 | 18:15

“Tak Sempurna Hanya Tanpa …

Jarjis Fadri | | 31 July 2014 | 08:41

Ikuti Lomba Resensi Buku Tanoto Foundation! …

Kompasiana | | 11 July 2014 | 16:12


TRENDING ARTICLES

Koalisi Merah Putih Tetaplah Merah Putih, …

Hanny Setiawan | 11 jam lalu

Jokowi Belum Dilantik, PKB Sudah Nagih Jatah …

Ikhlash Hasan | 11 jam lalu

Libur Lebaran, Bertemu Bule dan Supir Isteri …

Hendry Sianturi | 16 jam lalu

Membuat Tanda Salib di Pusara Ir. Soekarno …

Kosmas Lawa Bagho | 16 jam lalu

Info Hoax Umar Abuh Masih Disebarkan …

Gatot Swandito | 19 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: