Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Edo Firman

katakan yang benar meski satu ayat

Cipta Karya Terapkan Tupoksi

REP | 18 October 2011 | 06:50 Dibaca: 168   Komentar: 0   0

13189204991429330659
Dra.tutik Margiyanti ,ST, MSi (kepala dinas Cipta karya Situbondo)

Situbondo - Sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Cipta Karya serta melihat latar belakang yang ada, maka visi Dinas Cipta Karya adalah , “Terwujudnya pemukiman yang sehat dan lingkungan yang sehat layak dan serasi “.

Pernyataan Visi tersebut diatas mengacu pada Visi Pemerintah Kabupaten Situbondo, hal ini tidak lepas dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Situbondo adalah merupakan bagian integral dari Pemerintah Kabupaten Situbondo, maka sudah selayaknya mendukung sepenuhnya tercapainya Visi Pemerintah tersebut.

Terwujudnya visi yang dikemukakan pada bagian sebelumnya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh segenap personil Dinas Cipta Karya. Sebagai bentuk nyata dari visi tersebut, ditetapkanlah misi Dinas Cipta Karya yang menggambarkan hal yang seharusnya terlaksana sehingga hal yang masih abstrak terlihat pada visi akan lebih nyata pada misi tersebut. lebih jauh Kepal Dinas Cipta Karya Situbondo ( DCK), Dra. Tutik Margiyanti ST, Msi mengatakan pernyataan misi Dinas Cipta Karya memperlihatkan kebutuhan apa yang hendak dipenuhi oleh organisasi, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut dan bagaimana organisasi memenuhi kebutuhan tersebut.Untuk mencapai visi tersebut diatas Dinas Cipta Karya menetapkan misi yaitu meningkatkan sarana dan prasarana dasar masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan peran serta dan kemandirian dalam pembangunan. Pendataan dan Sosialisasi Pengelolaan Lingkungan melalui pemahaman Tridaya kepada masyarakat. Penataan Kota dan Penataan Bangunan yang berwawasan lingkungan. Meningkatkan kualitas SDM melalui pemerataan dan peningkatan pelatihan keterampilan serta peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat

Dinas Cipta Karya Kabupaten Situbondo dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya telah menunjukkan kemajuan, utamanya dalam penyediaan sarana dan prasarana serta pengelolaan lingkungan permukiman. Disamping banyak kemajuan banyak pula tantangan atau masalah yang belum sepenuhnya terpecahkan dan masih perlu dilanjutkan upaya mengatasinya dalam pelaksanaan pembangunan yang diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan sarana dan prasarana dasar masyarakat.

Retribusi Persampahan dalam upaya menciptakan lingkungan permukiman yang bersih dan sehat penyediaan sarana dan prasarana kebersihan / persampahan terus ditingkatkan melalui berbagai program dan kegiatan bersamaan dengan itu pula retribusi persampahan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun 2005 s/d tahun 2010 dari target sebesar Rp. 147.515.850,- menjadi sebesar Rp. 162.707.435,-,” masuk tahun 2011 ini dinas cipta karya meningkatkan sarana dan prasarana seperti, pembangunan tempat parkir yang di bangun di belakang kantor DCK yang di serap dari Anggaran Dana Alokasi Umum(DAU) menurut Subowo selaku Kasubag Umum karena selama ini tempat parkir belum memadai sehingganya pada saat kendaraan parkir di areal kantor tidak tertata rapi dan kurang indah di pandang. “ ungkpanya.hal itu Di susul dengan pengadaan Diesel Generator Set-ges (Genset) satu unit di tahun 2011 ini .

Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni dalam upaya meningkatkan kualitas permukiman masyarakat utamanya yang berada dibawah garis kemiskinan kabupaten Situbondo Dinas Cipta Karya telah melaksanakan program-program peningkatan kualitas rumah masyarakat dengan kegiatan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni terhitung sejak tahun 2005 s/d tahun 2010 telah melaksanakan perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 1920 unit dari target yang direncanakan sebesar 67.719 unit.

Demikian juga Penyediaan Air Bersih yang telah dilaksanakan Dinas Cipta Karya sampai tahun 2010 telah berhasil menyediakan jaringan perpipaan air bersih sepanjang 639.903 m dari target yang direncanakan 1.020.025 m.

Sanitasi MCK dan Jamban Sanitasi merupakan salah satu aspek penting dalam perwujudan kesehatan masyarakat. Sejalan dengan itu Dinas Cipta Karya turut mendukung terwujudnya kesehatan masyarakat tersebut dengan melakukan pembangunan sarana prasarana sanitasi masyarakat baik berupa pembangunan MCK ataupun jamban keluarga telah berhasil membangun sebanyak 202 unit MCK / jamban keluarga dari target yang direncanakan sebanyak 537 unit Pembuatan dan Pemeliharaan Saluran Drainase, Sebagai daerah yang memiliki curah hujan tinggi, tidak jarang terjadi genangan-genangan air hujan di wilayah perkotaan di Kabupaten Situbondo. Untuk meminimalisir terjadinya genangan-genangan tersebut Dinas Cipta Karya terus berupaya dengan membangun saluran-saluran drainase yang membantu mengalirkan air genangan – air genangan yang ada di wilayah perkotaan ke saluran pembuangan yang lebih besar. Dinas Cipta Karya telah berhasil membangun saluran drainase sepanjang 70.066 m’ dari target yang direncanakan sepanjang 128.456 m’.

Pembangunan Jalan Lingkungan meningkatnya kwantitas alat transportasi yang ada di wilayah Kabupaten Situbondo juga menuntut pemenuhan kebutuhan peningkatan kwantitas prasarana transportasinya dalam hal ini adalah jalan yang baik. Untuk mendukung terwujudnya peningkatan jalan yang baik, utamanya jalan lingkungan di Kabupaten Situbondo, maka sampai tahun 2010 Dinas Cipta Karya telah berhasil melakukan pembangunan jalan lingkungan 142.993 m2.

Pembuatan dan Pemeliharaan Saluran Drainase, Sebagai daerah yang memiliki curah hujan tinggi, tidak jarang terjadi genangan-genangan air hujan di wilayah perkotaan di Kabupaten Situbondo. Untuk meminimalisir terjadinya genangan-genangan tersebut Dinas Cipta Karya terus berupaya dengan membangun saluran-saluran drainase yang membantu mengalirkan air genangan – air genangan yang ada di wilayah perkotaan ke saluran pembuangan yang lebih besar. Sampai tahun 2010 Dinas Cipta Karya telah berhasil membangun saluran drainase sepanjang 70.066 m’ dari target yang direncanakan sepanjang 128.456 m’, di lanjutkan dengan Pembangunan Jalan Lingkungan meningkatnya kwantitas alat transportasi yang ada di wilayah Kabupaten Situbondo juga menuntut pemenuhan kebutuhan peningkatan kwantitas prasarana transportasinya dalam hal ini adalah jalan yang baik. Untuk mendukung terwujudnya peningkatan jalan yang baik, utamanya jalan lingkungan di Kabupaten Situbondo,

Walau demikian , Kepala Dinas Cipta Karya Situbondo Tutik Margiyanti beserta jajaran akan tetap mewujudkan masa depan masyarakat kabupaten Situbondo dan memenuhi kebutuhan masyarakat Situbondo demi kesejahteraan masyarakt Situbondo ,oleh karena itu , Tutik beserta jajaranya berharap agar pembangunan yang sudah nyata di mamfaatkan dengan baik serta bermamfaatbagi masyarakat Situbondo.(edo)

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sambut Sunrise Dari Puncak Gunung Mahawu …

Tri Lokon | | 28 July 2014 | 13:14

Pengalaman Adventure Taklukkan Ketakutan …

Tjiptadinata Effend... | | 28 July 2014 | 19:20

Membuat Hidangan Lebaran di Moskow (Jika …

Lidia Putri | | 28 July 2014 | 17:08

Kampanye Wisata Thailand’s Best …

Olive Bendon | | 28 July 2014 | 16:49

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Pijat Ala Dubai International Airport …

Ardi Dan Bunda Susy | 4 jam lalu

Jangan Terlalu Berharap Banyak Pada Jokowi …

Bambang Srijanto | 5 jam lalu

Berlebaran Tetap Gaya dengan Kaos Kompasiana …

Topik Irawan | 6 jam lalu

Jangan Nanya Panci ke Polisi Amerika …

Usi Saba Kota | 9 jam lalu

” Dari Tahun Ketahun Tak Pernah …

Rere | 14 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: