Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Alex Noerdin Bikin Warga Muba Gembira

REP | 12 February 2013 | 09:46 Dibaca: 269   Komentar: 0   0

136063704810268519013606371291005473045

Kunjungan kerja Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ke Sanga Desa Musi Banyuasin, Minggu (10/2) kemarin benar-benar membuat suasana cair, hangat dan penuh nostalgia indah. Hadir dalam acara ini Sekda Muba Sohan Majid mewakili Bupati H Pahri Azhari, Ketua TP PKK Sumsel Hj Eliza Alex, para anggota DPRD seperti Sulgani Pakuali, Sri Retno Sari, mnatan Wabup Muba Islan Hanura, serta para  camat antara lain Sanga Desa Asmarani, Camat Babat Toman Tazarni, Caamat Batanghari Leko Siswadi serta Camat Lawang Wetan Wardata. Sejumlah kepala dinas dari Pemkab Muba juga tampak hadir.

Kehadiran Alex Noerdin di tengah luapan air sungai Musi  ini memunculkan semangat dan antusiasme tinggi di mata warga.  Wajar saja, saat Alex Noerdin tiba, kondisi lapangan tempat digelar acara di lapangan SD Teruan dipenuhi air. Hanya lokasi tenda serta panggung yang berlapis papan dapat ditempati secara nyaman. Setidaknya 3500 kursi terisi penuh. Belum lagi di luar tenda masih tersebar kelompok-kelompok warga berjubel. Ada apa rupanya?
“Saya tahu dan terima kasih. Sebab Camat, kades, dan panitia sudah bekerja siang malam mengeringkan air dan bahkan melapisi lapangan yang tergenang air dengan papan sehingga kini kita dapat bertatap muka dengan nyaman. Tapi banjir atau air meluap ini bukan hal baru. Sebab kapan air surut mako banayak seluang nyangkut,” canda Alex Nerdin memulai silaturahminya usai menyerahkan bermacam bantuan kepada warga  desa di empat kecamatan di Muba yaitu Kecamatan Sanga Desa, Lawang Wetan, Babat Toman serta Batanghari Leko.
Tak pelak gurauan tapi serius gaya Alex Noerdin menuai tawa dan membuat suasana akrab. Lalu mengalirlah  dialog yang hidup. Para Kades dan warga pun kembali dibuat terpingkal-pingkal kala Alex menyebutkan bahwa dirinya dulu dituduh menjual Suban IV ke Mura  sebab menurutnya menjual mobil dinas saja pasti kena marah warga dan itu tidak mungkin terjadi. “Nah kini kita bersyukur sebab Suban IV telah kembali ke Muba. nah pertanyaannya apo baliknyo Suban IV ni kito beli jugo. Lha kalau ado yang bilang dulu aku jual berarti saat kini balik aku beli balaik apo?” katanya.
Canda lain yang disambut para kades dan warga adalah soal bakal majunya kembali para kades yang habis masa jabataannya di tahun ini dan tahun depan. Nah, kata Alex, tadi banyak nian kades bisik-bisik samo aku. Katonyo nak ngirim seluang kerno air Musi naik. Kapan aku tanyo  apo nak ngirim nian nah jawabnyo iyo pak sekalian nak nyampaike aku nak nyalon lagi hehehe.
Soal nyalon lagi, tambahnya, harus dilihat apa kerja dan karya kita serta sudahkah kita memperhatikan warga. Ya jadi maju lagi itu jangan asal tapi juga karena kecintaan dan rasa keinginan memajukan daerah. “Sekarang aku nak nanyo, kamu para kades dari tadi ngomong nak maju lagi. Nah ngapo kamu tu cak dak galak nanyo ni?” dan kembali suasana pecah oleh tawa.
“Ini memang sepertinya main-main tapi serius. Pasti semua yang hadir di sini ingat, Muba paling dulu membuat programs ekolah dan berobat gratis. Sudah itu soal memberikan bantuan, ingat tidak dulu jaman aku semua kades, dokter, guru, siswa yang berprestasi aku kasih penghargaan. Nah kini saat aku jadi Gubernur Sumsel, kita naikkan bantuan untuk para kades. Tiap tahaun terus naik. Selain itu soal jalan, nah ini yang sering diomongkan jalan rusak galo aku idak bangunnyo. Tahu dak, jalan Betung-Sekayu kini la dibangun dananya aratusan miliar. Jadi sabar, tahun ini mudah-mudahan kelar. Lalu jalan tol sudah diresmike untuk awal pembangunan  yang bagian Indralayo. Nah tahun ini tanah akan dibebaskan mulai sampai Betung,” Kata Alex lagi.

Sebelumnya, Sekda Muba Sohan Majid mewakili Bupati Muba H Pahri Azhari mengatakan, Alhamdulillah sebagai rasa cinta dan perhatian kepada warga Muba hari ini Pak Gubernur sumsel Alex Noerdin datang dengan membawa banyak bantuan kepada kepala desa den warga mulai dari buku sekolah, alat olah raga hingga alat pertanian bagi petani. Tentu kita juga senang karena Pak Alex datang meski suasana lokasi penuh air namun dengan ssuka cita menyapa kita semua yang hadir  di sini.
“yang membuat awrga Muba makin gembira tentu saja karena usaha kita mengamblikan Suban IV kembali ke Muba berhasil. Ini berkat kerja keras seluruh warga Muba, bupati, dewan dan juga difasilitasi Gubernur Alex Noerdin,” jelas Sohan.

Bantuan yang diberikan Alex Noerdin antara lain Rp 50 juta untuk masing  masing desa  yang berjumlah 52 desa, bantuan masjid sebanyak lima buah masing masing rp 10 juta, genset 8 unit, wireless 7 unit, rebana lima kelompok, satu unit tenda dan kursi untuk amal kematian,  7 komputer untuk Karang Tarunar, bantuan hand pryer, tedmon, kain sarung 200 set, susu untuk balita, buku bacaan anak dan buku tulis untuk anak serta uptd diknas, beras, tenda tagana 4 set.

“ nah ini aku ingatke lagi, bantuan 50 juta bukan untuk kades sendiri  karena ada untuk PKK,  Karang Taruna dan lain-lain. Ini  bantuan bisa naik tinggi dua kali lipat karena  dulu tahun lalu hanya rp 30 juta sekarang Rp 50 juta rupiah, total untuk Sumsel 2831 desa 385 kelurahan masing masing rp 50 juta. Kenapa ini bisa naik karena APBD Sumsel naik. Dari saya duduk sebagai Gubernur Sumsel masih Rp 2,1 T sekarang sudah Rp 6,2 T nah, kalau taahun depan jadi Rp 7 T  pasti naik lagi bantuan untuk kades,” tegas Alex

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Bledug Kuwu, Fenomena Langka Alam Indonesia …

Agoeng Widodo | | 27 August 2014 | 15:18

Taufik Mihardja dalam Sepenggal Kenangan …

Pepih Nugraha | | 27 August 2014 | 22:34

Ini yang Harus Dilakukan Kalau BBM Naik …

Pical Gadi | | 27 August 2014 | 14:55

Cinta dalam Kereta (Love in The Train) …

Y.airy | | 26 August 2014 | 20:59

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


TRENDING ARTICLES

Hilangnya Acara Budaya Lokal di Televisi …

Sahroha Lumbanraja | 10 jam lalu

Lamborghini Anggota Dewan Ternyata Bodong …

Ifani | 11 jam lalu

Cara Mudah Latih Diri Agar Selalu Berpikiran …

Tjiptadinata Effend... | 12 jam lalu

3 Kebebasan di K yang Buat Saya Awet Muda …

Hendrik Riyanto | 13 jam lalu

Boni Hargens cs, Relawan atau Buruh Politik …

Munir A.s | 22 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: