Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Anamku

Change Your Word, Change Your World

Polres Jepara Gelar Lomba Polisi Cilik 2013

REP | 14 February 2013 | 16:45 Dibaca: 599   Komentar: 0   2

13608341622087283078

dok. pribadi

Upaya pembinaan masyarakat tentang kesadaran hukum berlalulintas sejak dini kini digalakkam oleh Kepolisian Resort Jepara. Sebagai langkah pembinaan masyarakat sejak dini, upaya yang efektif diantaranya melalui jalur pendidikan SD/MI. Langkah tersebut diwujudkan dalam bentuk lomba Polisi Cilik (Pocil) yang diselenggarakan pada Rabu 13 Februari 2013.

Acara yang digagas Kapolres Jepara AKBP Bakharuddin Muhamad Syah ini bertempat di Gedung Wanita Jepara, lomba yang diikuti perwakilan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tiap kecamatan sekabupaten Jepara diikuti oleh 20 Tim berasal dari Sekolah Dasar dan (hanya) 2 Tim dari Madrasah Ibtidaiyah. Setiap Tim dari masing-masing Kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di Jepara juga diback up penuh oleh Keplisian Sektor (Polsek) setempat, seakan ini adalah ajang perlombaan duta Polsek.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuki tersebut dihadiri oleh Pejabat di lingkungan Polres Jepara, Dandim Jepara, Ketua Pengadilan Tinggi Jepara, dan Kepala Polsek sekabupaten Jepara. Hadir juga perwakilan Polres dari Kabupaten lain yang ingin mengadopsi acara lomba ini di daerahnya.

Dalam lomba Pocil itu setiap tim memperagakan materi LBB dan Senam Lalu-Lintas (gerakan-gerakan polisi saat mengatur lalu-lintas). Terlihat anak-anak sesusia 9-11 tahun dengan tegap memperagakan langkahnya layaknya polisi. Tidak dipersyaratkan peserta lomba harus berpakaian dinas polisi. akan tetapi penilaian mengacu pada kriteria yang ditentukan oleh dewan juri, diantaranya adalah kekompakan,  variasi gerakan, dan kreatifitas.

1360834477414086020

Mustakhuqqul Jannah terima piala (dok. pribadi)

MI Matholi’ul Huda 01 Troso (MIMH 01 Troso) merupakan salah satu dari dua tim dari unit Madrasah Ibtidaiyah. Tim yang di siapkan secara matang oleh Kak Agus Supriyanto dan dilatih oleh Kak Muhammad Rosyadi ini mendapatkan nomor undi 22, yakni urutan terakhir untuk tampil.

Penampilan nomor urut 1 (satu) dimulai tepat jam 09.00 WIB, bila setiap tampilan membutuhkan waktu 15 menit, maka penampilan terakhir jatuh pada jam 15.00 WIB. Dengan jangka waktu menanti giliran tampil yang begitu lama tersebut, dengan berbagai upaya Kak Muhammad Rosyadi dan Agus Supriyanto berupaya mengusir jenuh anak-anak dengan refreshing, candaria dan latihan kecil.

Tepat pada jam 15.00 WIB tibalah giliran tampil Tim MIMH 01 Troso. Ayunan langkah pertama memasuki arena lomba langsung disambut tepuk tangan meriah seluruh penonton di Gedung Wanita. Tak kurang seorang Polwan pemandu acara turut meneriakkan yel-yel  penyemangat untuk penampil terakhir ini. Durasi waktu 15 menit dimanfaatkan betul oleh Tim gemblengan Kak Muhammad Rosyadi dan Kak Agus Supriyanto ini.

Gerakan-gerakan langkah mantap dan power yang kuat makin memacu riuhnya sambutan penonton untuk memberikan aplaus. Variasi satu berakhir dengan apiknya, dlanjutkan dengan variasi dua yang membawa suasana beda dari tim-tim terdahulu. Dengan variasi yang menguasai hampir seluruh area lomba menjadikan Tim MIMH 01 Troso layak menjadi spesial.

Tibalah saatnya menampilkan Senam Lantas. Diiringi alunan musik racikan Kak Agus Ahmad Fadloli, gerakan-gerakan yang lincah, gemulai namun tegas yang ditampilkan 25 siswa pilihan ini seakan menyihir seluruh orang tua supporter dan penonton di arena perlombaan. Tidak bisa dipungkiri akhir dari penampilan yang mempesona itu disambut tepuk tangan membahana yang cukup panjang.

Alhasil pada akhir acara saatnya mendebarkan semua Tim dan Pelatih menantikan pengumuman pemenang. Untuk mengurangi ketegangan seluruh tim peserta maka dewan juri dari Polda Jateng menyerahkan kepada seorang perwira polisi dengan tampilan sangat kocak yang mampu membuat suasana  cair mengurai ketegangan.
Dengan mengucap Syukur Alhamdulillah atas segala Rido-Nya, dan terima kasih yang tak terhingga kepada pendudukung Tim dan seluruh pihak yang telah mendorong dengan iringan doa, MIMH01 Troso berhasil meraih Piala sebagai Juara Harapan I, dan mendapat sejumlah uang pembinaan. Ke depan, acara yang rencananya diselenggarakan tiap tahun ini, Tim MIMH 01 Troso bertekad untuk menjadi lebih baik.

13608347532022387719

Tim Pocil MI Matholiul Huda 01 Troso

Berikut adalah siswa-siswi Tim Lomba Polisi Cilik 2013 : Mustakhiqqul Jannah (Komandan), Rizqi Walida Al Khomsatun, Aulia Fitriani, Ahmad Noval, Ahmad Zubaidi, Ainurrohmaniyah, Fikri Aida Fitria, Sahnas Naili Fauziyyah, Sahrul Gunawan, Sania Widyaningrum, Siti Maesaroh, Alvin Jauharul Ulum, Indah Wahyu Laili Sofiani, Linda Wahyu Laila Shofiana, Nanda Aurela Salsabila, Riswanda Muhaimin Imawan, Shufa Ayu Niktatina, Gilang Agil Syafrizal, Muhammad Mughni Labib, Ulfiatur Rahmanita, Muhammad Khoiri, Neklin Pratiwi, Ni’matul Jannah, Nita Susanti, dan Safinatun Nikmah

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Remaja di Moskow Juga Suka Naik ke Atap KRL …

Lidia Putri | | 01 August 2014 | 19:28

Menelusuri Budaya Toleransi di Komplek …

Arif L Hakim | | 01 August 2014 | 18:18

Apakah ‘Emoticon’ Benar-benar Jujur? …

Fandi Sido | | 01 August 2014 | 18:15

“Tak Sempurna Hanya Tanpa …

Jarjis Fadri | | 31 July 2014 | 08:41

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Koalisi Merah Putih Tetaplah Merah Putih, …

Hanny Setiawan | 7 jam lalu

Jokowi Belum Dilantik, PKB Sudah Nagih Jatah …

Ikhlash Hasan | 7 jam lalu

Libur Lebaran, Bertemu Bule dan Supir Isteri …

Hendry Sianturi | 12 jam lalu

Membuat Tanda Salib di Pusara Ir. Soekarno …

Kosmas Lawa Bagho | 12 jam lalu

Info Hoax Umar Abuh Masih Disebarkan …

Gatot Swandito | 15 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: