Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Lulus Sutopo

Ingin berbagi informasi

Vending Machine Indonesia

REP | 02 April 2013 | 01:44 Dibaca: 1816   Komentar: 3   0

Kini sudah saatnya kita membeli barang dari Vending Machine di Indonesia.

Vending Machine Minuman kemasan kaleng dan botol PET

Bagi negara - negara yang sudah maju, istilah Vending Machine mungkin tidak asing lagi bagi mereka.

Karena dinegara - negara maju seperti di Eropa, Amerika, Asia (Jepang, Korea), Australia dan negara maju lainnya pemakaian Vending Machine sebagai alat jual beli barang ini sudah dilakukan sejak lama.

Istilah Vending Machine itu sendiri adalah suatu mesin penjual otomatis, yang bisa mendistribusikan barang kepada pembeli barang tersebut secara otomatis.

Tentunya disini kita perlu melakukan pembelian barang ke Vending Machine tersebut terlebih dahulu.

Vending Machine minuman di Bandara

Tepatnya tanggal 21 Maret 2013, PT. Metec Semarang yang merupakan perusahaan manufaktur Vending Machine satu - satunya yang berada di Indonesia telah meluncurkan produk pertama kali Vending Machine yang menjual minuman kemasan kaleng dan botol PET di Indonesia.

Vending Machine di tempat pembelian tiket kereta api stasiun Tawang, Semarang

Vending Machine ini dipasang oleh salah satu perusahaan minuman air mineral Aguaria dan diletakkan di tempat penjualan tiket kereta api di stasiun Tawang, kota Semarang. Vending Machine ini menjual minuman produk dari Aguaria.

Menurut informasi, Vending Machine yang diproduksi oleh PT. Metec Semarang ini selanjutnya akan dipasang oleh perusahaan Aguaria di lokasi sekolahan, Mall, Bandara, yang ada dikota Semarang, dan selanjutnya di beberapa kota lainnya.

Ini merupakan yang pertama kali PT. Metec Semarang meluncurkan produk buatannya yaitu Vending Machine.

Sebagai perusahan PMA yang merupakan anak cabang perusahaan Kubota Jepang yang membuat Vending Machine, selama ini produk Vending Machine buatan PT. Metec Semarang diekspor ke Jepang, China, Malaysia, dan Singapura.

Untuk negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, istilah Vending Machine masih asing bagi sebagian masyarakat.

Dengan kurangnya pengertian tentang apa Vending Machine tersebut, menjadikan sebagian dari masyarakat kita enggan dan perasaan takut salah untuk membeli barang dari Vending Machine.

Namun pada Vending Machine ini juga sudah ada label petunjuk dan cara pembelian minuman pada bagian depan Vending Machine, didekat tempat memasukkan uang.

Jadi pembeli yang ingin membeli minuman tidak perlu enggan dan takut lagi dalam membeli minuman di Vending Machine.

Vending Machine Coca Cola

Dengan adanya Vending Machine, kita tidak perlu lagi mengantri dikasir, menunggu uang kita dihitung dikasir, dan menunggu barang tersebut dibungkus dikasir.

Hanya dengan waktu yang singkat, memasukkan uang, tekan tombol pilihan minuman, maka minuman akan keluar dengan sendirinya.

Pemakaian Vending Machine di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu namun masih dibilang merupakan produk baru, dan itupun dulu hanya berada di Jakarta dan kota sekitarnya.

Vending Machine tersebut merupakan Vending Machine yang didatangkan atau di impor dari perusahaan Vending Machine diluar Negeri seperti Korea, China, Italia, Amerika, Jepang dan beberapa negara lainnya.

Di Jakartapun pemasangan Vending Machine juga masih dilokasi - lokasi terntentu misalnya di Bandara, Rumah sakit, Mall, Halte Bis, Restoran, Sekolah, Stasiun, dan tempat publik lainnya.

Vending Machine Kopi Cup

Kini dibeberapa kota besar di Indonesia sudah banyak kita jumpai Vending Machine yang sudah dipasang dilokasi - lokasi layanan publik.

Sebagian besar Vending Machine yang ada di Indonesia adalah Vending Machine yang menjual minuman ringan kemasan kaleng dan botol PET, serta minuman kopi panas siap saji kemasan cup.

Namun seiring berkembangnya teknologi, dan juga semakin familiar penggunaan Vending Machine, kini juga sudah ada Vending Machine yang menjual surat kabar seperti di Bandara Soekarno - Hatta, Vending Machine yang bisa mengolah sampah seperti yang ada di kawasan Monas, dan mungkin sekarang bermunculan Vending Machine yang fungsinya tidak hanya menjual minuman saja.

Bagi pelaku usaha penjual minuman, mungkin menjual minuman dengan Vending Machine merupakan solusi bisnis yang menguntungkan. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh negara - negara lain yang sudah memakai Vending Machine, yang semakin lama semakin bertambah banyak dalam pemakaian Vending Machine.

Vending Machine Koran

Dengan Vending Machine, otomatis kita tidak memerlukan operator dan bisa menjual selama 24 jam. Vending Machine juga bisa diletakkan didalam dan diluar ruangan.

Pelaku usaha penjual minuman hanya membeli unit Vending Machine, bayar sewa tempat, dan pengontrolan tentang pengisian dan perawatan unit Vending Machine tersebut.

Kendala dalam pemakaian Vending Machine di Indonesia adalah adanya ulah dari orang - orang yang tidak bisa dipertanggung jawabkan seperti pencurian, pengrusakan dan lain sebagainya.

Sumber daya manusianyalah yang menjadi faktor kekhawatiran bagi para pelaku usaha pemakai Vending Machine untuk memulai bisnis penjualan barang dengan Vending Machine.

Meskipun secara konstruksi Vending Machine sudah diperhitungkan tentang keamanan dan ketahanan dari upaya pengrusakan dan pencurian, namun kalau sumber daya manusia kita masih rendah, hal tersebut tidak berarti apa - apa.

Oleh karena itu, kebanyakan Vending Machine yang ada di Indonesia saat ini masih diletakkan didalam ruangan, atau tempat yang sekirannya aman dari pencurian dan pengrusakan.

Jika Vending Machine yang sudah ada saat ini didatangkan dari luar negeri, maka hal inilah yang membuat para pelaku usaha penjual minuman yang memakai Vending Machine di Indonesia harus berpikir keras tatkala ada part dari Vending Machine yang rusak.

Karena jikalau ada part yang rusak otomatis harus membeli part tersebut dari negara asal Vending Machine yang tentunya perlu waktu dan biaya.

Kalaupun tidak dilakukan pembelian part, bisa dilakukan penggantian part atau penggantian part dari unit yang rusak, namun lambat laun jika unit semua rusak, maka tidak ada yang dapat dioperasikan sama sekali.

Dengan adanya Vending Machine yang sudah diluncurkan kedalam negeri Indonesia oleh perusahaan manufaktur Vending Machine PT. Metec Semarang, maka pelaku usaha pembeli Vending Machine tidak perlu khawatir lagi tentang penggantian part yang rusak, karena bisa dibeli langsung didalam negeri. Ini akan menghemat waktu dan biaya.

Yang tidak kalah pentingnya dan perlu juga diperhatikan bagi perusahaan Vending Machine adalah bahwasanya Vending Machine yang dibuat haruslah produk yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian alam dan lingkungan harus tetap terjaga, meskipun bermunculan produk dengan inovasi baru.

Lulus Sutopo
Vending Machine Design Product

Blog: Boku no Blog

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jejak Indonesia di Israel …

Andre Jayaprana | | 03 September 2014 | 00:57

Ironi Hukuman Ratu Atut dan Hukuman Mati …

Muhammad | | 03 September 2014 | 05:28

Persiapan Menuju Wukuf Arafah …

Dr.ari F Syam | | 03 September 2014 | 06:31

Si Biru Sayang, Si Biru yang Malang …

Ikrom Zain | | 02 September 2014 | 21:31

Ikuti Blog Competition Sun Life dan Raih …

Kompasiana | | 30 August 2014 | 17:59


TRENDING ARTICLES

Awasi Jokowi, Kita Bukan Kerbau Dungu …

Mas Wahyu | 3 jam lalu

Kekuatan Jokowi di Balik Manuver SBY di …

Ninoy N Karundeng | 9 jam lalu

Subsidi BBM: Menkeu Harus Legowo Melepas …

Suheri Adi | 11 jam lalu

Jokowi, Berhentilah Bersandiwara! …

Bang Pilot | 13 jam lalu

Menerka Langkah Politik Hatta …

Arnold Adoe | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Tiga Resensi Terbaik Buku Tanoto Foundation …

Kompasiana | 7 jam lalu

Si Bintang yang Pindah …

Fityan Maulid Al Mu... | 8 jam lalu

Oase untuk Anak Indonesia …

Agung Han | 8 jam lalu

Jokowi Mirip Ahmadinejad …

Rushans Novaly | 8 jam lalu

Alternatif Solusi Problem BBM Bersubsidi …

Olivia | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: