Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Mata Heri

Selagi masih muda, selagi sinar rembulan masih memancar,, segeralah berbuat kebaikan, & Melaksanakn kwajiban yg telah selengkapnya

Asahan Wakili Sumut Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional 2013

REP | 08 April 2013 | 01:54 Dibaca: 406   Komentar: 0   0

13653355991134943460KISARAN: Asahan mewakili Provinsi Sumatera utara dalam Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Nasional 2013. Asahan masuk nominasi 6 besar ditingkat nasional, bersama lima Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia, yaitu Kabupaten Lahat (Sumatera Selatan Sorolangun (Jambi), Pacitan (Jawa Timur), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) dan Kabupaten Tabalong (Kalimantan Selatan).

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang mengaku optimis, Asahan dapat meraih prestasi tertinggi. Menurutnya, lomba ini sudah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi, sehingga siapapun yang mewakili Sumatera Utara ke tingkat Nasional sudah yang terbaik.

“ Keberhasilan kinerja TP PKK Asahan dalam lomba kegiatan PKK dalam rangka HKG PKK dan BBGRM hari keluarga tahun 2013 yang lalu, tidak terlepas dari dukungan semua pihak utamanya masyarakat Asahan, dan ini patut diberikan apresiasi”, ujar Winda didampingi sekretarisnya Hj.Nilasari Darwin Idris.

Menurutnya, keberhasilan TP PKK dalam menempatkan diri pada enam besar dibidang tertib administrasi ini diantaranya keteraturan keluar masuknya surat surat , laporan , pengarsipan, pendataan, kelengkapan buku buku serta tertibnya pengelolaan manageman keuangan , yang semuanya telah dikelola secara proposional dengan melibatkan semua unsur anggota PKK yang ada di Asahan, serta adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Asahan.

Dalam melaksanakan program TP PKK Asahan dibantu oleh kelompok PKK desa serta kader PKK yang tersebar di 204 desa / kelurahan, kelompok PKK dusun yang berjumlah 1.537 , kelompok dasa wisma sebanyak 7.757, program kerja TP PKK yang telah dilaksanakan  pada tahun  2012 meliputi pelatihan sistem informasi manajemen (SIM) PKK, pelatihan LP3PKK,pelatihan TPK3PKK,pembinaan terhadap desa tertinggal dan desa maju, pembinaan , monitoring desa/ kelurahan, rapat konsultasi TP PKK,sosialisasi PKDRT, orientasi Posyandu PAUD, orientasi kelompok Lansia, orientasi UP2K PKK dan masih banyak lagi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat .

Sementara untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan 10 program pokok PKK , TP PKK Asahan telah melibatkan semua unsur yang ada,  demikian juga agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik maka harus ada dukungan kebijakan operasional seiring dengan adanya ketetapan SIM TP PKK nomor 41/KEP/PKK KAB As/V/2012, juga dengan adanya bantuan dana hibah dari Pemkab asahan sebesar Rp.25 juta, dan untuk menyelaraskan penyelenggaraan adminstrasi TP PKK Asahan mengacu pada hasil Rakernas VII TP PKK tahun 2010 dengan mewajubkan enam buku wajib PKK.

Pemerintah Kabupaten juga telah memberikan dukungan dana hibah kepada TP PKK yang telah ditampung dalam APBD Asahan untuk tahun 2011 sebesar Rp.983.500.000,- untuk tahun 2012 juga sebesar Rp.983.500.000,- serta adanya bantuan dana dari pihak lain yang sifatnya tidak mengikat.

“Dalam waktu dekat ini TP PKK Kabupaten Asahan akan mengikuti serangkaian perlombaan tingkat Nasional yang akan dilangsungkan di Kalimatan Selatan, kami juga mohon dukungan masyarakat Asahan agar TP PKK Asahan dapat meraih juara yang tentunya akan membawa nama harum pemerintah kabupaten Asahan”, ujarnya mengakhiri (Heri/did)

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Messenger Apps di Android yang Akan …

Kevin Anandhika Leg... | | 22 August 2014 | 20:10

Serial Animasi Lokal Mulai Muncul di …

Pandu Aji Wirawan | | 22 August 2014 | 18:29

Keputusan MK tentang Noken, Bagaimana …

Evha Uaga | | 22 August 2014 | 12:23

Berlian …

Katedrarajawen | | 22 August 2014 | 20:01

Blog Competition Smartfren: Andromax yang …

Kompasiana | | 18 August 2014 | 20:22


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: