Back to Kompasiana
Artikel

Regional

Isma Swastiningrum

Berburu kala siang, menuliskannya ketika malam. http://pilea-eureka.blogspot.com/

Visi dan Misi serta Profil Masing-masing Cagub Cawagub Jateng 2013-2018

OPINI | 21 May 2013 | 14:28 Dibaca: 2015   Komentar: 1   1

Sebagai seorang anak yang menuju dewasa saya sangat bingung mau milih siapa ntar pas pemilu tanggal 26 Mei (pemilu jateng) nanti. Perasaan yang sama saya rasakan dulu pas pemilihan bupati. Waktu itu saya memilih seorang cabup hanya karena dia satu almamater sama saya, dia dari kota yang sama, dan sama-sama lainnya. Tapi setelah terpilih ternyata saat saya browsing, track record-nya tidak yang seperti yang saya harapkan. Sejak saat itu saya berhati-hati sekali memilih seorang pemimpin.

Yaa, karena detik ini saya nggak ada kerjaan, ini akan saya copas dari berbagai referensi di internet seputar profil, visi, dan misi cagub-cawagub jateng yang melaju tanggal 26 Mei nanti. Semoga bisa menjadi tolak ukur, pembanding, dan pemilihan keputusan rakyat Jawa Tengah nanti :)

#1. Drs. H. HADI PRABOWO, MM DAN Dr. H. DON MURDONO, SH, M.Si

VISI: “JATENG MAJU DAN MAKMUR”

MISI:

1. Meningkatkan sinergitas dan harmonisasi pembangunan pusat dan daerah serta keseimbangan pembangunan antar wilayah.

2. Mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan Akuntabel.

3. Meningkatkan perekonomian daerah yang berorientasi ekonomi kerakyatan berbasi pada potensi unggulan didukung inovasi teknologi dan pengembangan kemitraan global.

4. Meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keimanaan, ketaqwaan dan kearifan lokal.

5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur untuk mewujudkan kemajuan dan daya Saing daerah dengan memperhatikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan.

6. Memantapkan pelaksanaan demokratisasi dan kondusivitas daerah dengan mengedepankan partisipasi masyarakat.

PROFIL

Hadi Prabowo

Pria kelahiran Klaten, 3 April 1960 ini merupakan lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang 1985. Menghabiskan seluruh kariernya di Pemprov Jateng sejak 1988 mulai dari posisi Kasubag Sosial Budaya Biro Bangda Sekretarian Daerah.

Karier Hadi terus meningkat seperti menjadi Kasubag Perkotaan Biro Penyusunan Program. Kemudian dia promosi menjadi Kabag Anggaran pada 1996—2000. Setelah itu dipercaya menempati posisi Kepala Biro Keuangan Setda Jateng dari 2000-2005, kemudian menanjak menjadi Asisten IV Sekda hingga 2008. Hadi dilantik sebagai Sekretaris Daerah Jateng sejak 2008. Hingga saat ini Hadi masih menjabat sebagai Sekda Jateng.

Don Murdono

Pria kelahiran Kendal 15 Oktober 1958 ini lahir dari keluarga aktivis Partai Nasional Indonesia Sugito Wiryohamidjoyo dan Rustiawati. Don Murdono adalah anak ke 9 dari 11 bersaudara. Menghabiskan masa kecil dan sekolah di Semarang hingga menamatkan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada 1986. Semasa kuliah, Don mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Ketua Senat Mahasiswa UNDIP 1984-1985 dan Komandan Resimen Mahasiswa UNDIP 1983-1985.

Don pernah menjabat sebagai wakil ketua DPD PDIP Jateng hingga 2000. Don juga pernah menjabat sebagai anggota DPR pada 1999—2004. Namun pada 2003 dia mencalonkan sebagai Bupati Sumedang dan berhasil memenangkan pemilihan tersebut. Pada 2008, Don kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Sumedang dan berhasil memenangkan pemilihan untuk kedua kalinya.

Jabatan Don sebagai Bupati Sumedang selesai tahun ini, bersamaan dengan langkahnya maju sebagai Wakil Gubernur Jateng 2013—2018.

#2. H. BIBIT WALUYO DAN Prof. Dr. SUDIJONO SASTROATMODJO, M.Si

VISI: “Masyarakat Jawa Tengah Yang Semakin Sejahtera, berkarakter, mandiri, berkemampuan, dan berdaya saing tinggi“.

M I S I
  1. Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan profesional serta sikap responsif aparatur;
  2. Pembangunan ekonomi kerakyatan dengan intensifikasi dan modernisasi pertanian dalam arti luas, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan industri padat karya;
  3. Memantapkan kondisi sosial budaya yang berbasiskan kearifan lokal;
  4. Pengembangan sumberdaya manusia berbasis kompetensi secara berkelanjutan;
  5. Peningkatan perwujudan pembangunan fisik dan infrastruktur;
  6. Mewujudkan kondisi aman dan rasa aman dalam kehidupan masyarakat

PROFIL

Bibit Waluyo

Pria kelahiran Klaten pada 5 Agustus 1949 ini merupakan lulusan Akabari pada 1972. Karier militer Bibit cukup cemerlang dengan menduduki sejumlah jabatan strategis seperti Panglima Kodam Jaya pada 2001. Jabatan terakhir Bibit adalah Panglima Kostrad dengan pangkat Letnan Jenderal TNI AD. Jabatan ini diembannya sejak 2002 hingga memasuki purnawirawan pada 28 September 2004.
Pada 2008 lalu Bibit mencalonkan diri menjadi Gubernur Jateng berpasangan dengan Rustriningsih. Saat itu, pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan ini memenangkan Pemilihan Kepala Daerah langsung dengan perolehan suara 44,42%.

Sudijono Sastroatmodjo

Pria kelahiran Pacitan 15 Agustus 1952 ini dikenal sebagai akademisi. Pada level Strata I dia mengambil Pendidikan di IKIP Semarang pada 1971. Kemudian pada Strata II dia mengambil magister Studi pembangunan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Kemudian pada gelar Doktor dia mengambil Hukum Agraria dari Universitas Diponegoro.
Profesor Ilmu Hukum ini banyak menghabiskan karier formal di Universitas Negeri Semarang (Unnes/dahulu IKIP Semarang) berawal sebagai dosen. Dia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial IKIP pada 1996—2001.

Kemudian Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes 2001—2006. Dia masih saat ini masih menjabat sebagai Rektor Unnes, jabatan yang diemban sejak 2006 lalu.

#3. H. GANJAR PRANOWO, SH. DAN Drs. H. HERU SUDJATMOKO, M.Si

VISI: “JAWA TENGAH BERDIKARI”
M I S I
  1. Membangun Jawa Tengah berbasis ekonomi rakyat dan kedaulatan pangan untuk menanggulangi kemiskinan dan pengangguran
  2. Memastikan partisipasi masyarakat Jawa Tengah dalam setiap proses pengambilan keputusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
  3. Mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Jawa Tengah yang bersih, jujur dan transparan dalam pelayanan publik.
  4. Memperkokoh gotong royong, “guyub-rukun” serta “tepa slira” sebagai jati diri Jawa Tengah.
PROFIL

Ganjar Pranowo

Pria kelahiran Karanganyar 28 Oktober 1968 ini merupakan salah satu kader muda PDIP yang memiliki karier cukup melejit. Ganjar banyak menghabiskan masa kecil di Kutoarjo. Di tempat yang sama saat menyelesaikan pendidikan AD dan SMP.

Kemudian dia menghabiskan masa SMA dan kuliah di Yogyakarta. Dia adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM). Semasa kuliah Ganjar dikenal aktif beroganisasi seperti pencinta alam dan pers mahasiswa.

Ganjar pertama kali maju dalam Pemilu Legislatif pada 2004 lalu dari Daerah pemilihan 7 Jateng, namun kalah suara. Dia kemudian menjadi anggota DPR periode 2004—2009 melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW). Pada 2009, Ganjar terpilih kembali sebagai anggota DPR untuk jabatan hingga 2014.

Heru Sudjatmoko

Pria kelahiran Purbalingga 13 Juni 1951 ini merupakan lulusan Akademin Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Semarang 1974. Dia menghabiskan masa kecil dan meneampatkan sekola dari SD—SMA di Purbalingga. Setelah lulus dari APDN, Heru melanjutkan sekolah ke Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Depdagri di Jakarta Lulus1981. Kemudian Magister Manajemen Pemerintahan Universitas Diponegoro Semarang pada 2003.
Karier Heru banyak dihabiskan sebagai Pegawai Negersi Sipil (PNS), mulai dari jabatan staf bagian pemerintahan Kabupaten Purbalingga. Adapun puncak karir sebagai PNS adalah Sekretaris Daerah Purbalingga periode 1998—2005.

Setelah itu, Heru mencalonkan diri dalam Pilkada Purbalingga dan berhasil menduduki jabatan Wakil Bupati periode 2005—2010. Kemudian dia kembali mengikuti Pilkada Purbalingga selanjutnya dengan mengincar jabatan Gubernur. Heru kembali memenangkan jabatan Pilkada Purbalingga dan menduduki jabatan Bupati 2010—2015.

REFERENSI:

1. http://kpuklaten.com/profil-visi-dan-misi-pasangan-cagub-cawagub-jateng/

2. http://existonline.blogspot.com/2013/05/profil-dan-visi-misi-cagub-jateng-2013.html

3. http://www.solopos.com/2013/05/10/pilgub-jawa-tengah-debat-disiarkan-tv-one-inilah-profil-cagub-cawagub-405159

4. http://jogja.tribunnews.com/2013/05/08/inilah-visi-dan-misi-pasangan-hadi-prabowo-don-murdono/

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Perjalanan Malam Hari di Jalur Pantura …

Topik Irawan | | 24 July 2014 | 15:41

Berlibur Sejenak di Malaka …

G T | | 24 July 2014 | 15:51

Indonesia Bikin Kagum Negara Tetangga …

Apriliana Limbong | | 24 July 2014 | 20:51

Taman Bunga Padang Pasir …

Ferdinandus Giovann... | | 24 July 2014 | 19:07

Permohonan Maaf kepada Ahmad Dhani …

Kompasiana | | 24 July 2014 | 20:27


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: